Kaki Lima Surabaya

0 0
Read Time:5 Minute, 23 Second

Makanan kaki lima di surabaya merupakan salah satu favorit bagi warganya karena menyajikan pilihan yang sangat banyak dengan citarasa yang lezat serta tampilan yang menggugah selera. Ditambah dengan harga yang di tawarkan kaki lima di surabaya relatif murah jika dibandingkan dengan restoran umumnya.

makanan kaki lima di surabaya

Kota Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di indonesia yang mempunyai jumlah penduduk yang sangat luar biasa. Surabaya menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat khususnya pulau jawa untuk merantau ataupun berbisnis. Dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan kota yang sangat baik memang surabaya menjadi salah satu tujuan urbaninasi terbaik di indonesia.

Dengan banyaknya penduduk asli serta pendatang yang memasuki wilayah surabaya. Kuliner di surabaya cukup mengalami peningkatan yang pesat. Serta mengadopsi beberapa makanan daerah lain dan menjadi makanan kaki lima di surabaya. Di surabaya sendiri makanan kaki lima cukup digemari karena selain pilihan makanan dari kaki lima di surabaya yang sangat banyak. Tentu harga yang ditawarkan pun lebih murah dari restoran restoran yang ada.

Sejumlah makanan kaki lima di surabaya pun sudah menjadi ikonik dan terkenal hingga ke luar daerah dan juga menjadi langganan bagi para pejabat daerah setempat. Pada kesempatan kali ini toprestoran mengunjungi surabaya untuk mencicipi dan sedikit mengulas seputar makanan kaki lima di surabaya yang cukup terkenal dan juga menjadi makanan legendaris di surabaya.

Makanan kaki lima di surabaya

1. Nasi Empal Pengapon

nasi empal pengapon khas surabaya

Makanan kaki lima di surabaya yang pertama yaitu nasi empal pengapon. Warung kaki lima sederhana satu ini cukup populer di kalangan masyarakat surabaya. Dengan warung sederhana yang menyediakan meja kursi untuk pengunjung dan bagian dapur yang terbuka. Namun warung ini bisa menghadirkan menu yang lumayan banyak.

Dengan menu utamanya yaitu nasi empal. Nasi empal sendiri merupakan makanan khas jawa yang cukup populer dengan berisikan nasi yang hangat dan pada umumnya empal daging yang lembut dengan sayuran pendamping dan sambal. Namun di warung ini menu empal di kembangkan lagi dengan berbagai pilihan yaitu empal babat, nasi ayam goreng, ayam suwir, rawon, nasi sayur dan masih banyak lagi.

Selain olahan nasi dengan beragam lauknya. Kalian juga bisa memesan bubur dengan berbagai pilihan pula seperti bubur ayam, babi, ikan, ham, bubur hongkong, dan sebagainya. Terdapat pula menu tambahan lainnya yaitu sop buntut, bakwan kuah, siomay, swekiau, dan beragam olahan mie lainnya.

  • Range harga : Rp. 50.000 – Rp. 100.000
  • Jam Buka : Setiap hari, 08.00 – 21.00
  • Address: Pengampon II No.3, Bongkaran, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur 60161, Indonesia

2. Nasi Ayam Krengsengan Pak Sahir

makanan kaki lima surabayanasi ayam pak sahir

Makanan kaki lima di surabaya yang populer

Makanan kaki lima di surabaya yang berikutnya yaitu nasi ayam pak sahir. Merupakan makanan kaki lima di surabaya yang sangat populer dengan pengunjung yang berdatangan tidak ada habisnya. Meski hanya berjualan dengan gerobak yang sederhana dengan tempat duduk seadanya namun tidak menyurutkan minat pembeli karena citarasa dari masakan yang sangat lezat serta tampilan menarik. kemudian harga yang ditawarkan pun relatif cukup terjangkau.

Menu utama dari Nasi Ayam pak sahir yaitu menu krengsengan. Krengsengan biasanya menggunakan daging sapi ataupun kambing yang ditumis bersama dengan bumbu petis yang khas. Namun di warung nasi pak sahir, mengganti nya dengan suwiran daging ayam. Biasanya krengsengan dinikmati dengan seporsi nasi yang hangat.

Menu lain yang bisa dipesan di warung pak sahir yaitu nasi goreng, mie goreng dan mie kuah, serta semuanya bisa ditambahkan dengan krengsengan apabila kalian mau. Menu krengsengan merupakan salah satu masakan kaki lima yang sangat digemari masyarakat surabaya.

  • Range Harga : Rp 25.000 – Rp 50.000
  • Jam Buka : Setiap hari, 17.00 – 23.00
  • Address: Jl. Taman Gapura No.F 19, RW.20, Lontar, Sambikerep, Surabaya, East Java 60216, Indonesia

3. Rujak Cingur ahmad jais Surabaya

rujak cingur ahmad jaismakanan kaki lima surabaya

Makanan kaki lima di surabaya yang berikutnya yaitu rujak cingur. Merupakan salah satu makanan khas jawa timur yang sangat digemari masyarakatnya dengan baluran bumbu kacang yang nikmat dan menyegarkan menjadikan rujak cingur pilihan yang pas saat panas terik di kota surabaya. Rujak cingur ahmad jais surabaya merupakan salah satu warung yang menyajikan menu rujak cingur terbaik di surabaya. Meski hanya warung yang sederhana dengan memanfaatkan lantai dasar rumah dan menata beberapa kursi dan meja saja.

makanan khas yang menjadi makanan kaki lima di surabaya

Namun warung ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Rujak cingur akan dibuat saat ada pesanan dari pembeli jadi bisa dipastikan kesegaran dari bahan bahan yang dipakai. Seporsi rujak cingur terdiri dari Lontong, potongan daging lembut atau cingur, dengan sayur tauge, potongan tahu goreng, dan diberi sayur kangkung sebagai pelengkap dan kemudian disiram dengan bumbu kacang yang khas dan juga wangi.

Rujak cingur merupakan makanan yang komplit karena terdapat semua komponen penting dalam satu jenis makanan. Sehingga tidak perlu ada tambahan nasi lagi karena terdapat lontong sebagai penggantinya. Rujak cingur sendiri terdapat beberapa versi di surabaya dengan berbagai tambahan yang beraneka ragam.

  • Range harga : Rp. 25.000 – Rp. 50.000
  • Jam Buka : Setiap hari, 09.00 – 19.00
  • Address: Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60274, Indonesia

4.  Sate Klopo Ondomohen

sate kelopo ondomohenmakanan kaki lima surabaya

Makanan kaki lima di surabaya yang terakhir yaitu sate kelopo ondomohen. Merupakan makanan yang sudah sangat terkenal di kota surabaya. Dan bagi kalian yang ingin menikmati seporsi sate kelopo sebaiknya datang ke warung ini lebih awal. Karena sebelum buka saja sudah banyak masyarakat sekitar yang mengantri di depan warung. Sate kelopo menjadi pilihan bagi masyarakat surabaya karena citarasa sate yang nikmat bercampur dengan bumbu kacang yang spesial.

Baca juga : Kaki Lima Semarang

Warung sate kelopo bu asih sudah menyediakan tempat duduk yang sangat panjang dan bisa menampung pengunjung cukup banyak. Namun tetap saja tidak cukup dan menimbulkan antrian yang sangat panjang. Bagi kalian yang ingin datang sebaiknya mengatur waktu yang baik, Karena apabila saat menjelang malam hari atau saat jam makan malam. Warung ini akan sangat ramai sekali dan pasti akan waiting list untuk menikmati seporsi sate kelopo.

Sate Kelopo sendiri terdiri dari beberapa pilihan yaitu sate daging atau lemak, sate ayam, sate usus, sate sumsum, sate otot, sate campur dan masih banyak lagi. Serta sebagai pelengkapnya warung ini menyediakan nasi atau lontong yang bisa dinikmati bersama sate kelopo.

  • Range Harga : Rp. 30.000 – Rp. 100.000
  • Jam Buka : Setiap hari, 07.00 – 22.00
  • Address: Jl. Walikota Mustajab No.36, RT.001/RW.05, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60272, Indonesia

Diatas adalah beberapa ulasan seputar makanan di surabaya yang cukup populer di masyarakat. Masih sangat banyak pilihan kaki lima yang belum bisa di ulas semuanya di artikel berikut ini. Pada kesempatan lainnya akan dibahas lebih banyak lagi seputar kaki lima di surabaya yang memiliki citarasa yang khas serta tampilan yang menggugah selera.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %