Kaki lima Salatiga

0 0
Read Time:5 Minute, 40 Second

Kaki lima Salatiga,Toprestoran – Selamat datang di website resmi dari toprestoran, disini kami akan memberikan berbagai informasi mengenai sejumlah informasi mengenai dunia kuliner. Baik dari informasi tempat yang disediakan hingga berbagai makanan yang tentunya sangat beragam di Indonesia. Toprestoran akan selalu memberikan informasi yang terbaru dan terupdate dari sebuah tempat makan di berbagai kota di indonesia.

Toprestoran memiliki komitmen tinggi untuk memberikan informasi yang jujur dan apa adanya tanpa memiliki kepentingan lain dibaliknya. Dengan informasi yang disampaikan pastilah dari sumber yang valid dan dapat dipercaya sehingga kalian bisa mencoba dan mendatangi langsung tempat yang kami bahas tanpa perlu ragu.

Indonesia sebagai negara yang multiculture dengan banyak sekali suku dan budaya tentu memiliki banyak sekali sajian makanan atau kuliner dari pengaruh suku dan budayanya masing masing. Oleh karena itu pastilah usaha makanan atau kuliner indonesia pasti terus berkembang seiring waktu. Bersamaan dengan pola hidup dan tingkat konsumtif masyarakatnya yang tinggi. Tak jarang makanan dari berbagai suku dan budaya diadopsi kembali dan diinovasikan menjadi makanan yang kekinian dan cukup mendapat kesan positif bagi penikmatnya.

Pada kesempatan kali ini Toprestoran akan mengajak kalian untuk mengunjungi kota Salatiga, jawa Tengah. Dan mencicipi berbagai jenis kuliner kaki lima yang banyak tersebar di kota Salatiga. Dengan berbagai sajian makanan kaki lima yang populer serta merupakan makanan khas dari kota Salatiga. Apa saja makanan kaki lima yang bisa dijumpai di kota Salatiga? Ikutin terus artikel ini!

Makanan kaki lima Salatiga

Seperti kita ketahui Kota Salatiga merupakan kota yang sangat terkenal dengan budaya dan keramahan warganya di indonesia. Selain itu pun Salatiga merupakan salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di indonesia khususnya pulau jawa. Oleh karena itu wisata kuliner di Salatiga pun ikut berkembang pesat. Terutama makanan kaki lima di kota Salatiga yang sangat bervariasi.

Berikut adalah beberapa makanan kaki lima di kota Salatiga:

1. Sate Suruh

kaki lima di salatiga

Makanan kaki lima di kota salatiga yang pertama kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu sate suruh. Merupakan salah satu makanan yang khas bagi masyarakat kota salatiga. Warung sate suruh ini merupakan warung sederhana yang hanya bertempat di sebuah rumah makan dengan konsep keluarga yang menyediakan meja dan kursi sederhana.

Tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh pembeli setiap saat apalagi saat menjelang waktu makan siang dan saat makan malam. Kalian harus rela antri panjang untuk bisa menikmati seporsi menu dari sate suruh. Meskipun memiliki tempat yang sederhana, Warung kaki lima di kota salatiga ini memiliki lokasi yang sangat strategis sehingga banyak dari pengguna jalan yang hendak menuju ke semarang dari solo ataupun sebaliknya bisa mampir untuk makan terlebih dahulu di warung ini.

Salah satu makanan kaki lima yang legendaris

Sate suruh sendiri merupakan jenis sate daging yang diolah secara baik dan juga benar. Sehingga sate yang dihidangkan untuk pembeli akan sangat lembut dan memiliki citarasa yang sangat lezat pula. Awal mula proses sate ini adalah dari potongan potongan daging sapi yang sudah dibumbui kemudian ditutup dengan daun pepaya yang dipercaya mampu membuat tekstur daging menjadi empuk. Didiamkan untuk sementara waktu dan kemudian potongan daging tersebut siap untuk disusun rapi di tusukan sate. Proses pembakaran sate yang baik pun menghasilkan citarasa yang smokey pada sate sehingga menambah citarasanya.

Seporsi sate suruh terdiri dari ketupat yang dipotong kecil lalu terdapat sate daging 10 tusuk dan kemudian disiram dengan bumbu kacang yang kental kemudian bisa ditambahkan dengan sambal sebagai opsi tambahan. Warung kaki lima di salatiga ini sudah menjual menu sate suruh hingga generasi ketiga yang menjalankannya saat ini.

  • Range Harga : Rp 25.000 – Rp 50.000
  • Jam buka : Setiap hari, 9.30 – 21.00
  • AddressKomplek Ruko 16 no. F1 Pasaraya 2, Jl. Jend. Sudirman, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50724, Indonesia

2. Soto Esto

kaki lima di salatiga

Satu lagi makanan kaki lima di kota salatiga yaitu soto esto, Warung kaki lima ini menjual menu soto esto yang merupakan salah satu makanan khas dari salatiga. Warung kaki lima di salatiga ini sudah berdiri sejak tahun 1953. Nama warung ini berasal dari sebuah nama bus yang dulunya beroperasi di salatiga pada tahun 1921. Soto esto sendiri sebenarnya memiliki karakter yang hampir mirip dengan soto betawi ataupun soto surabaya. Karena tipikal soto yang memiliki kuah kaldu yang kuat dengan pilihan tambahan santan ataupun kaldu saja.

Warung kaki lima salatiga yang sudah berdiri sejak 1953

Biasanya menikmati seporsi soto esto akan lebih nikmat jika ditemani dengan sajian pendamping lainnya seperti sate kerang, tempe dan juga sate puyuh. Ataupun kalian bisa menambahkan kerupuk dan tentunya harus dimakan bersama seporsi nasi hangat.

  • Range Harga : Rp 10.000 – Rp 25.000
  • Jam buka : Setiap hari, 06.00 – 12.00
  • AddressJl. Langensuko No.4, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711, Indonesia

3. Pecel Keong

makanan kaki lima kota salatiga

Makanan kaki lima di kota salatiga yang berikutnya yaitu pecel keong. Merupakan makanan tradisional yang cukup unik dari masyarakat salatiga. Tidak seperti menu pecel yang ada di jawa pada umumnya. Pecel ini mendapatkan penambahan lauk yaitu oseng oseng keong di dalamnya. Keong sawah dikeluarkan dari cangkangnya dan kemudian di cuci bersih. Setelah itu diberi sejumlah bumbu rempah seperti cabai, jahe, kemiri dan sebagainya kemudian diolah menjadi oseng oseng keong.

olahan unik yang sangat disukai masyarakat

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner kaki lima ini di kota salatiga yaitu warung makan mbak toen. Warung ini memiliki tempat makan yang luas serta nyaman dengan berbagai fasilitas yang memadai. Warung ini kerap menjadi tempat persinggahan para pelancong yang sering melewati jalur ini.

Biasanya pecel keong atau oseng oseng keong ini dinikmati sebagai pelengkap nasi dan juga pendamping bagi menu lainnya seperti ayam , ikan dan lain lain.

  • Range Harga : Rp 20.000 – Rp 50.000
  • jam buka : setiap hari, 07.30 – 18.00
  • AddressPF4C+8R2, Jl. Fatmawati, Blotongan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia

4. Gecok kambing

makanan kaki lima kota salatiga

Gecok kambing merupakan makanan kaki lima yang khas dari kota salatiga. Pengelolaan kambing yang baik menjadi poin utama dari makanan satu ini. Sekilas gecok kambing hampir mirip dengan tengkleng, hanya saja gecok tidak menggunakan santan. Kuah yang dihidangkan bersama daging kambing merupakan tipikal kuah yang sangat berempah dan juga aromatic sangat kuat.

Baca tempat makan lainnya : Kaki Lima Madiun

Saat menikmati gecok kambing kalian akan merasakan sedikit tekstur kasar pada kuahnya yang berasal dari kelapa sangrai yang dimasukkan saat proses memasak gecok kambing. Kalian yang mendatangi kota salatiga tidak akan kesulitan menemukan menu makanan satu ini. Karena disepanjang jalan semarang-solo kalian akan menemukan warung yang menjual menu ini.

  • Range Harga : Rp 50.000 – Rp 100.000
  • Jam buka : setiap hari, 10.00 – 20.00
  • AddressJl. KH Zubair No.57, Tingkir Lor, Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50746, Indonesia

Berikut adalah beberapa rangkuman seputar makanan kaki lima yang bisa kalian Temui di kota salatiga dan wajib kalian coba. Toprestoran masih akan mengajak kalian untuk menemukan berbagai tempat makanan yang lezat diseluruh indonesia. Untuk itu jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari toprestoran.com.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %